TUGAS SIM 2

Sistem adalah kumpulan dari elemen-elemen yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Suatu sistem terdiri dari beberapa sistem atau sistem-sistem bagian yang saling berinteraksi dan saling berhubungan membentuk satu kesatuan sehingga tujuan sistem dapat tercapai. Supersistem merupakan bagian sistem yang lebih besar.

Suatu sistem memiliki karakteristik atau sifat-sifat tertentu, antara lain sebagai berikut :

v  Komponen Sistem

Suatu sistem terdiri dari sejumlah komponen yang saling berinteraksi, bekerja sama membentuk satu kesatuan. Komponen-komponen sistem dapat berupa suatu subsistem atau bagian-bagian dari sistem.

v  Batas Sistem (Boundary)

Batas sistem merupakan daerah yang membatasi antara suatu sistem dengan sistem yang lainnya atau dengan lingkungan luarnya. Batas sistem ini memungkinkan suatu sistem dipandang sebagai suatu kesatuan. Batas suatu sistem menunjukkan ruang lingkup (scope) dari sistem tersebut.

Sistem dapat diklasifikasikan dari beberapa sudut pandang, diantaranya sebagai berikut :

  1. Sistem abstrak ; sistem yang berupa pemikiran atau ide-ide yang tidak tampak secara fisik.
  1. Sistem fisik ; merupakan sistem yang ada secara fisik.
  2. Sistem alamiah ; sistem yang terjadi melalui proses alam.
  3. Sistem buatan manusia ; sistem yang dirancang oleh manusia. Sistem buatan manusia yang melibatkan interaksi manusia dengan mesin disebut human-machine system.
  4. Sistem Tertentu (deterministic system) ; beroperasi dengan tingkah laku yang sudah dapat diprediksi. Interaksi bagian-bagiannya dapat dideteksi dengan pasti sehingga keluaran dari sistem dapat diramalkan.
  5. Sistem tak tentu (probabilistic system) ; sistem yang kondisi masa depannya tidak dapat diprediksi karena mengandung unsur probabilitas.
  6. Sistem tertutup (close system) ; sistem yang tidak berhubungan dan tidak terpengaruh dengan sistem luarnya. Sistem ini bekerja secara otomatis tanpa adanya turut campur tangan dari pihak luarnya. Secara teoritis sistem tersebut ada, tetapi kenyataannya tidak ada sistem yang benar-benar tertutup, yang ada hanyalah relatively closed system (secara relatif tertutup, tidak benar-benar tertutup).
  7. Sistem terbuka (open system) ; sistem yang berhubungan dan terpengaruh dengan lingkungan luarnya.

jadi, Mengapa universitas merupakan suatu sistem?
Karena universitas didalamnya merupakan suatu elemen-elemen yang berinteraksi untuk
mencapai suatu tujuan tertentu.Tujuan universitas itu sendiri untuk membangun kreatifitas mahasiswa agar lebih terarah hidupnya untuk menghadapi dunia bisnis dan sebaginya. Elemen-elemen itu sendiri adalah Dosen, Mahasiswa, Asisten dosen dsb.

Lalu, Mengapa pula universitas merupakan suatu supersistem?
Karena universitas terdapat sistem dan sistem itu sendiri terdiri dari elemen -elemen kecil dan jika di gabungkan menjadi sistem yang lebih besar dan untuk mencapai suatu tujuan.

Mengapa universitas juga merupakan suatu sub sistem?

karena universitas merupakan komponen atau bagian dari suatu sistem. Subsistem sebenarnya hanyalah sistem di dalam suatu sistem, ini berarti bahwa sistem berada pada lebih dari satu tingkat. Pemisalan lainnya, universitas adalah suatu system yang terdiri dari system-sistem bawahan seperti fakultas-fakultas yang ada di universitas tersebut. Masing-masing system ini terdiri dari system tingkat yang lebih rendah lagi.

Apakah tagihan yang dicetak perusahaan telepon merupakan data informasi?

sejalan dengan pesatnya kemajuan teknologi informasi dewasa ini, informasi merupakan hal yang sangat penting dalam menjalankan suatu pekerjaan dan kegiatan. Teknologi informasi merupakan sarana yang sangat penting dan menunjang bagi suatu perusahaan baik negeri maupun swasta dalam skala kecil, sedang, ataupun besar, sehingga dengan informasi dapat diharapkan mempermudah pekerjaan dan tujuan dapat tercapai secara maksimal. Pengiriman Info Tagihan ke pelanggan merupakan salah satu fitur pelayanan kepada pelanggan yang bersifat opsional (bisa dipilih oleh pelanggan). Info tagihan merupakan bagian dari proses pembuatan rekening dan pembayaran pemakaian telepon yang mengutamakan asas keterbukaan dan keberimbangan antara pelanggan dan perusahaan telepon. Info tagihan juga dimaksudkan untuk meningkatkan pengawasan pelanggan terhadap perhitungan rekening. Ke depan pengiriman Info Tagihan dapat dipakai sebagai wahana komunikasi PLN Batam dengan pelanggan secara intensif. Wahana ini juga bisa dimanfaatkan oleh Pemerintah Kota maupun pihak pelayanan publik seperti kepolisian serta pihak bisnis sehingga pembiayaan pengiriman Info Tagihan bisa self finance. Data-data yang dicetak dalam Info Tagihan ini adalah Informasi Tagihan yang harus dibayar oleh pelanggan dalam suatu periode tertentu lengkap dengan rincian tagihan dan pemakaian. Data-data yang dicantumkan adalah: Total tagihan dan tanggal jatuh tempo, Jumlah Tagihan Bulan Lalu, Jumlah Tagihan Bulan Ini, Jumlah Pembayaran, Sisa Tagihan, dan Sisa Angsuran, Rincian Pemakaian.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: