Tugas 1 SIM

TUGAS SIM 1

Bagaimana Teknologi Informasi memberi kontribusi pada makin singkatnya batas waktu transaksi bisnis, berikan contohnya !

Berdasarkan data penelitian, rata-rata diperkirakan hanya 28% dari aktifitas operasional perusahaan perusahaan berfungsi dalam 5,5 hari tanpa pengolahan komputer. Saat ini komputerisasi pengolahan dari data transaksi merupakan aktivitas yang biasa dilakukan oleh organisasi yang besar. Selain itu, kemampuan untuk memproses informasi secara otomatis telah diperluas dalam lingkup perumusan penggunaan organisasi informasi. Transaction processing adalah suatu kegiatan mengenai organisasi yang mendasar. Office automation adalah suatu istilah penerapan yang populer untuk komputer dan teknologi komunikasi untuk penggunaan kantor. Otomatisasi kantor mencakup semua sistem elektronik formal dan informal yang berkaitan dengan komunikasi informasi ke dan dari orang-orang di dalam maupun di luar perusahaan. Awalnya otomatisasi kantor dimaksudkan untuk membantu pekerja sekretarial dan admionistratif (clerical), tetapi kemampuannya untuk memudahkan komunikasi formal dan informal dengan orang-orang di dalam maupun di luar perusahaan menarik para manajer dan profesional sebagai pemakai yang bertujuan meningkatkan produktifitas mereka. Otomatisasi kantor menjadi peralatan yang digunakan dalam pemecahan masalah dibandingkan dengan media yang ditransmisikan dengan sistem komunikasi kantor manual, informasi otomatisasi kantor tiba lebih cepat, dalam bentuk yang lebih baik, dan dengan penampilan yang lebih menarik. Ini tidak hanya menunjang pekerjaan administrasi kantor saja tetapi juga pekerjaan manajemen dan para ahli.
Pada dasarnya ada empat kategori pemakai :
a)manajer
b)profesional
c)sekretaris
d)pegawai administratif

Cara-cara untuk memproses transaksi memiliki 3 cara yang berlainan, biasanya untuk memproses transaksi dan master file yang terbaru, data persiapan berkala dan pemrosesan batch berkala dan pemasukan bersambung dengan pemrosesan segera. Beberapa sistem-sistem online menggunakan data retrieval software untuk membantu pemrosesan transaksi. Saat inipun terdapat aplikasi-aplikasi dimana telah menyediakan pendataan batch, kemampuan untuk jalan masuk dimana record-record dihubungkan antara / dalam waktu persiapan seringkali diinginkan. Contoh sebuah bank boleh memasang terminal-terminal online sehingga langganan dapat memeriksa mengenai / tentang status dari perhitungan-perhitungan mereka.
Berikut ini adalah beberapa aplikasi otomatisasi kantor :
pengolahan kata (word processing)
merupakan penggunaan alat elektornik yang secara otomatis melaksanakan banyak tugas yang diperlukan untuk menyiapkan dokumen yang ditik atau dicetak.
Surat elektronik (e-mail)
Adalah penggunaan jaringan komputer yang memungkinkan cara pemakai mengirirm, menyimpan dan menerima pesan-pesan dengan menggunakan terminal komputer dan alat penyimpanan.
Penggunaan sebuah sistem pengiriman surat elektronik, kantor-kantor pusat yang ada di kota-kota besar adalah langganan-langganan dinas yang mewakili permohonan serta menunjukkan batas waktu bagi mereka sendiri. Sebagai hasilnya kantor-kantor yang lain melakukan penghematan satu setengah ke satu waktu penuh seorang juru tulis.
Voice mail
Hampir sama dengan surat elektronik tetapi pesan dikirim dengan mengucapkannya ke dalam telepon. Voice mail membutuhkan komputer dengan kemampuan menyimpan pesan audio dalam bentuk digital dan kemudian mengubahnya kembali menjadi bentuk audio saat dipanggil.
Kalender elektronik
Adalah penggunaan jaringan komputer untuk menyimpan dan mengambil kalender pertemuan manajer. Cara kerjanya mirip seperti organizer. Konfigurasi peralatannya sama dengan e-mail.
Konferensi audio
Adalah penggunaan peralatan komunikasi suara untuk membuat suatu hubungan audio diantara orang-orang yang tersebar secara geografis dengan tujuan melakukan konferensi.
Keuntungan audio conference :
– biaya peralatan yang diperlukan untuk konferensi audio berada dalam jangkauan semua perusahaan.
– orang-orang merasa santai berbicara di telepon
– konferensi audio dapat disiapkan dalam waktu singkat
Video conference
Adalah penggunaan peralatan televisi untuk menghubungkan para peserta konferensi yang tersebar secara geografis. Berikut ini 3 konfigurasi dasar konferensi video berdasarkan kemampuan sinyalnya:
a.video satu arah dan audio satu arah : sinyal video dan audio dikirimkan dari satu tempat transmisi kesatu atau beberapa tempat penerimaan.
b.Video satu arah dan audio dua arah : kemampuan audio dua arah memungkinkan orang di tempat penerimaan berbicara dengan orang ditempat transmisi sementara semua orang melihat pada gambar video yang sama.
c.Video dan audio dua arah : komunikasi audio dan video antara semua tempat berlangsung dua arah, cara ini merupakan pendekatan konferensi yang paling mahal.
Konferensi komputer
Adalah penggunaan jaringan komputer untuk memungkinkan para anggota tim pemecahan masalah bertukar informasi mengenai masalah yang sedang dipecahkan.
Transmisi faxsimili
FAX, singkatan dari faxsimili transmision adalah penggunaan peralatan khusus yang dapat membaca citra dokumen pada satu ujung saluran komunikasi dan membuat salinannya di ujung yang lain.
Video text
Penggunaan komputer untuk menampilkan pada layar CRT materi narasi dan grafik yang disimpan.
Untuk menyediakan informasi dalam bentuk videotext, terdapat 3 sumber bahannya, yaitu:
– menciptakan file videotext pada komputernya sendiri
– berlangganan jasa video text, yang memungkinkan pemakai untuk mengakses file video text yang disediakan oleh jasa tersebut.
– memperoleh akses ke file video text dari perusahaan lain.
Pencitraan (imaging)
Merupakan penggunan pengenal karakter secara optik untuk mengubah catatan-catatan kertas atau microfilm menjadi format digital untuk disimpan di dalam alat penyimpanan sekunder, kemudian citra tersebut dapat diambil untuk ditampilkan atau dicetak.
Desktop publishing (DTP)
Adalah penggunaan komputer untuk menyiapkan output tercetak yang kualitasnya sangat mirip dengan yang dihasilkan oleh typesetter.

Contoh : para manajer dan profesional menggunakan pengolah kata untuk menyiapkan surat, memo dan laporan; manajer atau sekretaris memasukkan pertemuan, membuat perubahan-perubahan dengan menggunakan kalender elektronik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: